Cara Mengatasi Disk Usage 100 % pada Windows 8/8.1

Assalamu'alaikum..

Apakah anda pernah merasakan laptop/komputer windows 8/8.1 anda berjalan sangat lamban (lemot)? salah satu penyebabnya adalah Disk Usage atau penggunaan hardisk mencapai 100%, cek pada Task Manager untuk memastikannya...
Bisa dilihat program bernama System menggunakan disk hingga 6,8MB/s dan menyebabkan Disk Usage laptop menjadi 100%. Dan hal ini biasanya terjadi beberapa kali, dan tentu ini sangat menjengkelkan sekali bukan?
Cara mengatasinya adalah dengan menghentikan Superfetch dan Windows Search.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi Disk Usage 100% pada Windows 8/8.1:

cara pertama:
1) Tekan tombol Windows + R,
2) ketikkan "services.msc" (tanpa tanda petik), kemudian OK
3) Cari nama Superfetch, klik kanan, pilih Properties, pada Startup type pilih Disable, OK
4) Cari nama "Windows Search", klik kanan, pilih Properties, pada Startup type pilih DisableOK

cara kedua: menggunakan command prompt
1) Tekan tombol Windows + X + A
2) ketikkan "net.exe stop Superfetch", tekan Enter
3) ketikkan "net.exe stop "Windows Search"", tekan Enter
Selesai...
Demikian cara mengatasi disk usage 100% (persen) pada windows 8/8.1
Semoga Bermanfaat

Atau, lihat video tutorial dibawah ini..

Referensi:
1) http://www.tomshardware.com/answers/id-2027511/windows-disk-usage-100-problem.html
2) http://www.tomshardware.com/answers/id-2045646/windows-100-disk-usage.html

Perhatian:
Cara diatas sudah saya coba sendiri pada laptop saya dan tidak ada masalah, So Far So Good. Saya tidak bertanggung jawa jika terjadi kerusakan pada laptop/pc anda.

47 komentar:

  1. Mantap, terima kasih atas petunjuknya

    BalasHapus
  2. Wah thanks gan tipsnya udah lama saya cari-cari cara ngatasin pc ane yg lelet :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. trus seandainya mau dinyalain lagi gimana ya..? kalau seandainya terjadi sesuatu..

    BalasHapus
  5. cerdas sekali anda gan, ane baca tutorial english ampe panas kepala gak berhasil. solusi anda langsung mak nyus

    BalasHapus
  6. Pc saya ga bisa di stop superfetch nya.
    Coul not be stopped.. help gan.

    BalasHapus
  7. makasi banyak gan sangat berguna!!

    BalasHapus
  8. Kalo di disable ga akan ada masalah baru gan? Superfetch itu apa ya?

    BalasHapus
  9. Kalo dari pengalaman saya superfetch emang berguna buat menurunkan disk usage tapi masalah barunya kita jadi gak bisa bikin ram dari flashdisk (readybost)

    BalasHapus
  10. makasih om sarannya...
    alhamdulillah lancar

    BalasHapus
  11. bagus gan ini yg paling membantu saya , ty salam game online ya :d

    BalasHapus
  12. Nih gan kalo belum tahu kegunaan Superfetch
    Superfetch caches data to RAM so that it can be immediately available to your application. It tends to not work well with gaming, but can improve performance with business apps.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry nich mas, rada lelet gue ini maksudnya kalo dipake buat main game bakalan ttp lelet gtu?

      Hapus
  13. Trimakasih gan.. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  14. Cara di atas berhasil, akan tetapi beberapa hari setelah itu penyakit yang sama kambuh lagi,DISK 100%.Saya re-cek, settingan di services masih persis seperti yang disarankan di atas.Dari situ saya berasumsi cara di ayas belum berhasil menyelesaikan permasalahan DISK 100%.Mungkin pada setiap kasus penyebabnya bisa berbeda dan solusinya pun bisa berbeda.

    BalasHapus
  15. Itu cara kedua X nya besar sama A nya besar??

    BalasHapus
  16. tips yang sangat bermafaat, saya berharap kita bisa saling berbagi untuk mengatasi masalah-masalah di windows

    BalasHapus
  17. MAKASIH BRO..PETUNJUKNYA
    SANGAT MENJENGKELKAN JIKA 100% HD

    BalasHapus
  18. thanks juragan infonya,.it works

    BalasHapus
  19. Gan kenapa stop servicenya lewat cmd? kenapa gk lewat service tadi? kan ada tuh disitu. ataukah gk bisa lewat situ?

    dan jika ada masalah bisa di start lagi kan lewat services.msc dan ubah disablenya menjadi yang seperti kita inginkan/semula.

    BalasHapus

  20. Thanks gan, work banget carajya

    BalasHapus
  21. cara ke 1 dan 2 ga bisa di latop saya lohh di cara ke 2 malah tulisannya "The superfetch service is not started" bisa tolong bantuannya?

    BalasHapus
  22. Mantab sekali bro .... superfetch disable ... okay

    BalasHapus
  23. Makasi banyak saudaraku....sangat membantu

    BalasHapus
  24. dari 99% langsung terjuan drastis tidak pakai rem ke 5%.. makasi bang

    BalasHapus
  25. Terima kasih banyak atas postingannya

    BalasHapus